06
Mar
09

a new beginning

ahoi!!! gaya amat siy, a new beginning..ga pa kok, ini menandai kembali eksisnya blog gue, yep sodara2 mulai hari ini gue nge blog lagi, tapi para pembaca siap2 ajah kuciwa, soalnya gue tetep ga punya bakat nulis, jadi blog gue isinya sampah semua, kwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkw……..

07
May
08

L’ephant (gajah buka pagar)

Ntah hari apa, saya juga lupa..pokoknya hari itu saya berangkat dari rumah dikampung mau ke padang, pagi-pagi sekali, kira2 jam 5.45. Seperti biasa, setelah shalat subuh, cibang cibung, minum teh, pamitan, saya udah standby di depan rumah menantikan kedatangan bus antar kota dalam provinsi (repot amat!) ,nah disini masalahnya, ternyata tanpa saya sadari, saya buka pintu pagarnya lebaaaaarr sekali (mmmmm….kalau dipikir2 ini sih bukan masalah) , unfortunately. bapak saya datang menghampiri, dan terjadilah percakapan singkat pagi hari antara bapak dan anak gadisnya

bapak: mmmmm……alun tibo oto lai? (Terj: mobilnya belum datang?)

saya: mmmmm……alun (Terj: blon)

sampai saat itu masih wajar…………and then..

bapak: apo yang kalua tadi ko, ba’a kok gadang bana bukak paganyo? (Terj: perasaan kita ga punya trailer deh, kok lebar banget pagernya dibuka)

sampai saat itu, sumpah!!!!!! saya bingung jawabnya…

saya: mmmmmmmm….ie (ie itu nama saya dirumah low, ini bagi yang ga tau, n kali ini ga da terjemahannya nyo!)

bapak: oooooooooo…..apa kiro tadi gajah!!!! 🙂 (Terj: gua kirain tadi gajah!!!!!huehuehuehuehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe)

saya: Aaaaaararrrrrrrrrrggggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1


09
Feb
08

mom’s finest hour

Mama saya tahun ini dudah 49 tahun, sehat, punya rumah bagus, 2 dari 3 anaknya sudah kerja, income rumah tangga sudah lebih banyak, suami yang lulus sertifikasi, serta menanti wisuda anak ke tiga (yang ntah kapan) dan mulai nabung buat naik haji. bagi sebagian orang, yang punya umur sama dengan mama saya tapi tidak seberuntung itu, mungkin akan iri. Yap…saya saja yang berstatus sebagai anak beliau, cukup jeles juga, karena saya selalu berpikir, apa nantinya, dalam umur segitu, saya akan mencapai masa kejayaan saya nantinya sebagai seorang istri dan ibu? Ibu saya mampu, karena beliau adalah seorang pekerja keras, tidak royal, taat beribadah dan sayang suami. Ibu dan kakak saya paling tua adalah 2 sosok independent women yang luar biasa, dalam hal ini, secara fisik, kakak saya yang satu ini, bukan sosok miniatur mama, jutru yang kakak saya yang nomor 2 yang persis mirip beliau, tapi dalam hal sifat, kemauan, serta keras kepalanya, yang paling tualah yang lebih mirip!!! makanya, jika saya mendapat tugas dengan tema “orang2 yang paling hebat didunia ini” 2 sosok inilah yang selalu saya review

tapi mama juga bukan sosok ibu yang sempurna, beliau masih berpikiran kolot, agak diktator, agak pelit 😯 serta kurang suka ngobrol dengan anak2nya 😦 , kadang2 saya iri liat kedekatan teman2 saya dengan ibu mereka masing2, tapi makin saya tua, saya makin tau, bahwa, walaupun mama bukan seperti ibu temen2 saya, beliau tetep ibu saya yang melahirkan, membesarkan, serta mendidik saya, yang sampai sekarang tidak akan pernah menyesal dilahirkan dari rahim beliau..

I LOVE U MOM………… 😉

PS: ANAK MENJADI MILIK KITA, HANYA KETIKA MASIH DALAM KANDUNGAN, KETIKA DILAHIRKAN, KITA PUN MELEPASNYA UNTUK MENCARI DUNIA NYA SENDIRI.

(Tulisan ini bukan untuk menyambut hari ibu yang masih 10 bulan lagi, tapi ini saya tulis ketika ngobrol2 ga sengaja dengan mama, walaupu hanya 15 menit. Ketika itulah saya lihat senyum lega pertama kali mama saya, tanpa beban, dan sangat manis. Ibu saya awet muda…) 🙂

1_522720806l.jpg

05
Feb
08

pagi hari ini

Saya punya kebiasaan jelek akhir2 ini, GA SHALAT SUBUH!!!!!!!!!!!!

Tidur slalu tengah malem, bangun slalu siang, kalu lagi di kampung ada orangtua saya yang slalu setia menggedor pintu kamar jika waktu subuh masuk, di kosan? ga da, selain kamar juga punya sendiri,

ga da harapan buat dibangunin anak2, la mereka juga slalu kesiangan.

Kata ibu saya, yang pada usia ke-49 ini, sangat2 sehatholic..bilang bahwa, kalau tidur slalu malam

dan bangun slalu siang,

bisa dapet kanker hati,

begitu………

Nah, point crita in adalah, Pagi ini saya sila sekali,

hasil ujian kemaren sama sekali tidak memuaskan, trus hampir

sebagian besar teman2 saya yang seangkatan, udah ngajuin proposal,

bikin sirik dan malu ati.

Why?

La iyalah, kita kan dulunya sama2 masuk UA, kok cuma saya sendiri yang tamatnya

belakangan 😦

Saya ga da niat buang gabung dalam forum tamat 7 taun,

pokoknya harus tamat 4,5 tahun,

HARUS!!!!!!!!!!! 😐

04
Jan
08

alzheimer

Alzheimer atau sebutannya az-zhai-me, merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit menular. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan parahnya sehingga pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri. Penyakit Alzheimer bukannya ‘kekanak-kanakan karena usia tua’ yang sekadar suatu proses penuaan. Sebaliknya, adalah sejenis masalah kesehatan yang amat menyiksa dan perlu diberikan perhatian.

Alzheimer digolongkan ke dalam salah satu dari jenis nyanyuk (dementia) yang dicirikan dengan melemahnya percakapan, kewarasan, ingatan, pertimbangan, perubahan kepribadian dan tingkah laku yang tidak terkendali. Keadaan ini amat membebani bukan saja kepada pengidapnya, malah anggota keluarga yang menjaga. Penyakit Alzheimer yang menurunkan fungsi memori ini juga menjejaskan fungsi intelektual dan sosial penghidapnya. Biasanya, anggota keluarga hanya datang membawa orang yang sakit berjumpa dokter apabila mereka sudah tidak tahan dengan gejala orang yang sakit.

Hingga kini, sumber sebenarnya penyakit ini tidak diketahui. Tetapi, ia bukanlah disebabkan penuaan. Bagaimanapun, ilmuwan berpendapat, ia dikaitkan dengan pembentukan dan perubahan pada sel-sel saraf yang normal menjadi serat.

Resiko untuk mengidap Alzheimer, penyakit yang sinonim dengan orang tua ini, meningkat seiring dengan pertambahan usia. “Bermula pada usia 65 tahun, seseorang mempunyai resiko lima persen mengidap penyakit ini dan resiko ini meningkat dua kali lipat setiap lima tahun,” kata Ahli Psikogeriatrik, Kantor Pengobatan Psikologi, Fakultas Pusat Pengobatan Universitas Malaya (PPUM), Dr. Esther Ebeenezer.

Menurut Esther, sekalipun penyakit ini dikaitkan dengan orang tua, namun sejarah membuktikan bahawa pesakit pertama yang dikenal pasti menghidap penyakit ini ialah wanita dalam usia awal 50-an

Penyakit yang pertama kalinya, ditemukan oleh Dr. Alois Alzheimer pada 1907 ini, dinamakan Alzheimer, menurut namanya.

Hasil bedah pengamatan, Alzheimer mendapati Syaraf otak tersebut bukan saja mengecut, malah dipenuhi dengan gumpalan protein yang luar biasa yang disebut plak amiloid dan serat yang berbelit-belit (neuro fibrillary).

Amiloid protein yang membentuk sel-sel plak protein, dipercaya menyebabkan perubahan kimia otak. Musnahnya sel-sel saraf ini menyebabkan syaraf otak yang berfungsi menyampaikan pesan dari satu neuron ke neuron lain terpengaruh.

Meskipun penyakit ini yang semula ditemukan hampir satu abad yang lalu, ia tidak seterkenal penyakit yang lainnya seperti sakit jantung, hipertensi, Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) atau sebagainya.

Kemungkinan ini disebabkan oleh penyakit ini tidak dapat dilihat gejalanya langsung seperti penyakit hipertensi yang dapat dilihat melalui pemeriksaan tekanan darah secara berkala.

Penelitian klinis terbaru menunjukkan suplementasi dengan asam lemak omega-3 dapat memperlambat menurunan fungsi kognitif pada penderita alzheimer ringan.

Publikasi mengenai penyakit Alzheimer masih rendah dan banyak orang tidak mengetahui tentang penyakit inisampai dipublikasikan secara terbuka sendiri oleh bekas Presiden Amerika Serikat yang ke-40, Ronald Reagan dalam suratnya tertanggal 5 November 1994.

Penyakit Alzheimer sukar dideteksi sebab banyak yang beranggapan orang tua yang semula lupa, adalah sesuatu yang lazim karena faktor usia. Padahal itu mungkin tanda-tanda awal seseorang itu mengidap penyakit Alzheimer.

Orang yang terkena penyakit ini dapat menjadi agresif, cepat marah dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau hobi yang pernah diminatinya. Diperkirakan bahwa pada sekitar 1950-an kira-kira 2,5 juta penduduk dunia mengidap penyakit ini. Pada tahun 2000, pengidap Alzheimer diperkirakan mencapai enam milyar orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memperkirakan lebih dari satu milyar orang tua yang berusia lebih dari 60 tahun atau 10 persen penduduk dunia menghidap Alzheimer (2003). Peningkatan ini, ada kaitannya dengan semakin banyak penduduk dunia yang berusia lanjut , masa hidup wanita meningkat hingga umur 80 tahun dan 75 tahun bagi lelaki. Selain itu, penjagaan kesehatan yang lebih baik, tingkat perkawinan menurun, perceraian bertambah dan mereka yang kawin tetapi tidak banyak anak.

Orang yang sakit yang berada di tahap sederhana dan parah akan menunjukkan tingkah laku yang aneh. Di antaranya, seperti menjerit, terpekik dan mengikut perawat ke mana saja walaupun ke WC.

Selain itu, orang yang sakit juga mendengar suara atau bisikan halus dan melihat bayangan menakutkan. Semua ini secara tidak langsung memberi tekanan mental kepada perawat sebab mereka terpaksa menjaga orang yang sakit ’36 jam’ sehari.

Orang yang sakit juga kadangkala akan berjalan ke sana sini tanpa sebab dan pola tidur mereka juga berubah. Orang yang sakit akan lebih banyak tidur pada waktu siang dan terbangun pada waktu malam.

Secara umum, orang sakit yang didiagnosis mengidap penyakit ini meninggal dunia akibat radang paru-paru atau pneumonia. Ini disebabkan, pada waktu itu orang yang sakit tidak dapat melakukan sembarang aktivitas lain.

Yang menyedihkan, adalah orang yang sakit itu sendiri tidak memahami apa yang terjadi pada diri mereka dan memerlukan bantuan orang lain. Berita buruknya penyakit Alzheimer ini, tidak dapat disembuhkan. Tetapi, gejalanya masih dapat dikendalikan dengan obat-obatan.

Obat-obatan yang diberi pada tingkat awal, dapat membantu ingatan penderita seperti kognitif, aktivitas harian dan tingkah laku

Orang yang berisiko

  • pengidap hipertensi yang mencapai usia 40 tahun ke atas
  • Pengidap kencing manis| diabetes
  • Kurang berolahraga
  • Tingkat kolesterol yang tinggi
  • Faktor keturunan – mempunyai keluarga yang mengidap penyakit ini pada usia 50-an.

Pengidap Alzheimer yang terkenal

  • Enid Blyton
  • Charles Bronson
  • Winston Churchill
  • Perry Como
  • Alfred Deakin
  • James Doohan
  • Ralph Waldo Emerson
  • Barry Goldwater
  • Rita Hayworth
  • Charlton Heston
  • Beatrice Lillie
  • RatuJuliana dari Belanda(1948 – 1980)
  • Burgess Meredith
  • Iris Murdoch
  • Maurice Ravel
  • Ronald Reagan
  • Sugar Ray Robinson
  • Margaret Rutherford
  • Cyrus Vance
  • E.B. White
  • Harold Wilson
14
Nov
07

indonesia wajib militer(have u heard???)

Para pemuda-pemudi Indonesia bersiap-siaplah!!!!! Departemen Pertahanan saat ini tengah menggodok rancangan UU wajib militer, mulai 2008 anda yang berusia 18-45 tahun akan dikenakan wajib militer.

fiuhhhh…..what that mean?

Wajib militer ini berfungsi untuk membantu aparat keamanan dalam mengatasi keamanan di dalam negri dan ancaman internasional, yaitu total defenses..dimana wajib militer juga akan diperbantukan pada keamanan yang bersifat non-tradisional yang bersifat non-militeristik, seperti pembalakan liar.

ini akan belangsung selama 3 tahun, dengan frekwensi 2 kali dalam satu tahun.

ow Gosh!!!!

ada yang mau? would u?

banyak opini yang berkembang di kalangan akademisi, karena kebetulan saya adalah salah satu dari sekian banyak mahasiswa ilmu politik, berasumsi bahwa, pemerintah terlalu banyak  proyek untuk dikerjakan, apa mereka tidak berpikir bahwa itu saja mungkin akan menelan biaya banyak. Sedangkan budget Pemilu 2009 serta perbaikan rumah dinas anggota DPR belum tuntas dibicarakan, akankah pula pemerintah menambah beban rakyat? tidak berfungsikah kebijakan publik disini?

itu satu, ada pula teman saya yang berkomentar bahwa, wajib militer akan hanya memberikan ketakutan pada rakyat, karena wajib militer identik dengan kondisi negara yang sedang tidak stabil keamanannya..seperti Israel yang juga mewajibkan wanita-nya untuk ikutan wamil atau lihat korsel, kalian tau kan aktor seganteng won bin pernah merasakan ikut mengangkat senjata.

Apa jadinya jika negara indonesia yang para pemudanya saja tidak memikirkan masa depannya sendiri, dipaksa menjadi tentara terlatih?? it’s not a good point

So, bagi anda yang merasa ini sebuah kesalahan, speak up!!!

but segala sesuatu ada sisi benar dan manfaatnya, n jika anda berada di pihak ini, speak up juga donk……..

10
Nov
07

i’m a fuckin’ loser

i am??

i do??

yes!!

wanna prove? wanna ask people around me? keep walking!!!

everybody’s know bout my ID, loser!!!

loser.jpg